Satu Suro, Semalam di Refresho Café

Posted: 29 November, 2011 in Daily Activities

Sejak setengah tujuh pagi rumah sudah ditinggal sendirian. Meski rumah hanya sekedar benda mati tapi kalau sering ditinggal sendirian akan terlihat berantakan. Meski hari ini tugas ditempat kerja diliburkan karena ada acara, saya harus tetap berangkat pagi dalam rangka partisipasi acara tersebut. Hingga siang acara tersebut baru selesai dan agenda selanjutnya adalah mengikuti sebuah training KBIH di hotel Royal Kalimas tempatnya di jalan Mas Mansyur Perak Surabaya. Di sini acara acara cukup menyita waktu pula hingga setengah delapan malam baru bisa kembali ke Sidoarjo.

Untung-untungan bisa langsung pulang ke rumah, malam ini satu agenda ingin saya ikuti kembali. Acara teman-teman komunitas blogger sidoarjo (deltablogger) yang sudah menunggu untuk kopdar di Refresho Cafe. Setengah sembilan malam saya baru bisa menginjakkan kaki di kedai nyantai ini. Sudah ada sekitar lima orang sedang ngobrol-ngobrol. Ada pula asyik dengan laptop dan internetnya.

Sebagian ada yang tidak mengerti jika malam ini adalah malam pergantian tahun hijriyah dari tahun 1432 ke 1433. Orang jawa menyebutnya malam satu suro. Jika tahun masehi pergantian tahun itu di awali setelah jam 12 malam, beda dengan tahun hijriyah. Karena perhitungan berdasarkan perputaran bulan maka pergantian tahun bukan mengacu pada jam tetapi mengacu pada pergantian siang dan malam. Di beberapa kota yang mempunyai tradisi, malam ini adalah malam yang cukup ramai. Di Surakarta, di Jogjakarta lebih-lebih di Kota Reyog Ponorogo. Di Ponorogo sendiri setiap satu suro ada tradisi kirab pusaka. Minggu-minggu menjelang satu suro berbagai keramaian berlangsung di alun-alun kota. Ada Festival reog tingkat nasional, berbagai kompetisi hingga pasar malam.

Malam ini terasa biasa-biasa saja seperti malam-malam sebelumnya meski tahun telah bertambah. Bukan sebuah hal yang fatal tatkala tahun itu berganti atau biasa disebut dengan tahun baru. Ditunggu atau tidak, dirayakan atau tidak tahun dengan sendirinya akan berubah dan bertambah. Tidak ada yang sangat spesial sekali mungkin yang lebih penting adalah bagaimana hidup ini menjadi lebih baik dan lebih bermafaat, “khoirunnas anfa’uhum linnas” sebaik-baik manusia adalah yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain. Inilah salah satu pembeda antara tahun baru hijriyah dengan tahun baru masehi. Sudah menjadi kecanduan masyarakat umum jika datangnya tahun baru masehi dimeriahkan dengan berbagai event, pesta dan beberapa aktivitas lain yang kadang cenderung ke arah negatif.

Refresho Café

Kedai kopi, tempat tongkrongan, ngenet, ngobrol, nonton bareng yah begitulah kira-kira sebagian aktivitas yang bisa

dilakukan.

Suasana yang nyatai dilengkapi dengan akses internet Wifi membuat para pengunjung semakin betah berjam-jam. Teman-teman deltablogger malam ini berkesempatan menikmati malam satu suronya di Refesho Café. Café yang bertempat di kawasan kota sidoarjo sisi timur ini terasa nyaman. Akses mudah dekat pinggir jalan utama di wilayah Gebang. Kalau para pembaca sempat mampir kesini sebenarnya tidak sulit untuk mencari lokasinya. Saat masuk di perumahan Gebang raya, gapura besar nan kokoh nampak dari jauh. Nah, hanya beberapa langkah dari gerbang utama itulah Refresho Café melayani para pelanggan. Mas Sasang sapaan akrabnya adalah owner dari café yang berdiri sejak dua tahun lalu. Mas Sasang sendiri adalah blogger, penggiat internet dan penggiat komunitas-komunitas yang lain seperti kaskus. Dari hasil aktifnya di dunia maya, cafénya pernah diliput oleh trans 7. Refershoindonesia.com menjadi domain utama bagi para pembaca yang membutuhkan info-info tentang cafenya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s