Dunia dengan sebuah nama

Posted: 27 Oktober, 2011 in artikel

Mata belum begitu tajam untuk menyimak sebuah kecanggihan teknologi yang berada dalam genggaman. Masih kurang dari seratus persen kesadaran ini kembali setelah tubuh sedang di recovery semalam penuh. Sebuah text digital yang berupa pesan singkat telah masuk sebelum aku mengijinkannya. Tak pernah terpikir tapi tulisan ini mengingatkan pada sebuah peristiwa seperempat abad yang lalu. Meski tidak begitu terpikir dan tak pernah menghitung-hitung. karena tulisan ini telah sampai dan mulai terbaca akhirnya teringat pula. Yang menjadi pertanyaan terus kenapa ketika tahun yang sebagian besar orang merayakan secara berulang-ulang menjadi moment yang sangat istimewa?

Kiranya biasa saja antara sekarang, tempo dulu atau mendatang, tahun tanpa di tunggu akan terus menghitung & bertambah dengan sendirinya. Itulah yang dinamakan ulang tahun. Tidak ada istimewanya tapi sah-sah saja bagi yang ingin memanfaatkan moment itu untuk bermuhasabah.

Nama bagaikan simbol yang diberikan kepada sesuatu sehingga banyak yang akan mengingatnya. Orang juga akan mudah untuk memanggil kepada objek yang sudah ditandai dengan nama. Bayangkan jika nama itu tidak diberikan. Maka setiap orang akan semaunya memanggil dan cenderung akan memanggil ciri fisiknya karena hal itulah yang paling mudah diingat. Betapa menderitanya orang yang berhidung pesek karena akan dipanggil “sek”, betapa sulitnya hati akan menerima ketika orang pendek dipanggil “bol-cebol”. Lucu mungkin dunia ini tanpa sebuah nama. Diberi nama bagus saja orang masih banyak yang memberikan nama bonus. Memberi julukan dengan panggilan yang aneh, atau bahkan berknotasi negatif rasanya bangga. Sudah sering didengar bahwa banyak orang bangga ketika melihat temannya menderita.

Ada cerita unik tentang nama seseorang. Pemberian nama itu sangat subjektif. Banyak faktor yang mempengaruhi terciptanya sebuah nama. Ada yang menamakan “mingwa” karena lahirnya minggu wage (salah satu hari jawa). Sering dijumpai pula tatkala anak lahir kembar maka nama menjadi hampri sama, mungkin hanya satu huruf di paling akhir saja yang berbeda. Itulah keajaiban sebuah nama. Sangat beragam dan banyak pula yang memiliki nama sama persis walaupun tidak pernah janjian. Ketika ada sensus penduduk dalam satu kota di Indonesia, berapa yang memiliki nama “Muhammad”, “Hadi”, “Yudi”, “Fitri”,”Huda”, “Abdul”,”Joko” dll. Lebih dari sepuluh sangatlah mungkin.

Bagi para pembaca yang budiman, bila ingin memiliki referensi nama-nama untuk bekal memiliki anak bisa didownload di blog tercinta ini. Sumber dari banyak hal karena hasil search di adhek Google. Mungkin akan membantu memudahkan memberikan nama untuk putera-puterinya, tetangganya, saudara. Suatu saat mungkin ada yang menambahkan   atau berbagi bisa di sambung di kolom komentar. Selamat menikmati

file 1

file 2

Referensi situs yang lainnya :

supermilan     melinda hospital       namabayi.com      namabayi.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s