Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan

Posted: 16 Desember, 2008 in artikel

Assalamu’alikum wr. wb
Alhamdulillah setelah beberapa lama aktivitas kami jauh dari dunia maya karena kesibukan dan tuntutan akademik serta tugas yang kami emban akhirnya kami pun mampu kembali dengan motivasi baru. Dengan wajah yang lebih meriah karena bimbingan sang pembawa risalah akhirnya blog  ini bisa kami semarakkan lagi.kami berharap bisa memanfaatkannya sebagai wadah pendewasaan diri dan gali potensi.

Dalam sebuah komunitas blog yang pernah kami ikuti kami teringat dengan kalimat singkat bermuatan nilai yang teramat padat yaitu IKATLAH ILMU DENGAN TULISAN. Kalimat ini luar biasa bagi kami seorang pembelajar karena fakta dunia masyarakat kita khususnya Indonesia budaya baca dan Tulis seakan tabu. Rating membaca dan menulis sangat rendah bila dibandingkan dengan negara-negara maju di dunia. George Walker Bush yang biasa kita sebut JOS BUS tiap minggu bisa menyelesaikan 7 buku. Bagaimanakah dengan kita … ?? bukan kah perintah Iqra’ (bacalah) adalah ayat Alqur’an yang pertama kali turun. Ternyata kita hanya bisa memaknai secara tekstual tidak secara kontekstual.

Gerbang ilmu adalah membaca kemudian setelah kita mendapatkan ilmu ikatlah dengan tulisan.Hadist nabi pun telah menjelaskan “bila ingin mendapatkan dunia raihlah dengan ilmu, bila ingin mendapatkan akhirat raihlah dengan ilmu dan bila ingin mendapatkan keduanya raihlah dengan ilmu pula”. Ini adalah sesuatu yang linier dan berkesinambungan untuk menjadikan orang cerdas secara teoritis dan analitis. Ada pepatah arab tertulis “al ilmu bila ‘amalin kasajari bila tsamalin” (maaf kalau aa yang salah). Maksudnya kurang lebih yaitu ILMU YANG TIDAK DIAMALKAN BAGAIKAN POHON YANG TIDAK BERBUAH. Inginkah anda menjadi orang yang dangkal pemikiran ? ….dangkal kecerdasan emosional ?

Mari Budayakan Membaca dan Menulis
Sebagian besar orang2 di akhir zaman suka dengan hedonisme. Sesuatu yang bersifat menyenagkan,hura-hura,foya-foya dan segala bentuknya. Lebih mendahulukan membahas hal-hal yang tak begitu penting ketimbang permasalahan-permasalah faktual. Bergur

au berlebihan sehingga lupa akan kewajiban. Berdiskusi tentang kenikmatan dunia tanpa mensyukurinnya. Yang intinya hanya ada 3 pangkal HARTA TAHTA dan WANITA. Ingatlah di depan sana jauh lebih sulit tantangan kita.Sebagai bahan interopeksi diri pernahkah kita mentarget :

1. Saya harus lulus Sarjana tepat waktu
2. Saya harus bisa melanjutkan ke S2 S3 dst..
3. Saya Harus bisa naik Haji
3. Saya harus punya program pribadi untuk pengabdian masyarakat

Jangan pernah merasa kecil meski anda berangkat dari orang-orang biasa. Keteguhan percaya diri dan ketegasan dalam menatap masa depan sebagai modal awal. Sering kami utarakan bahwa Fakta berawal dari mimpi tubuh menjadi motivasi berkembang menjadi inspirasi bangkit menjadi jati diri. Mulailah dari hal-hal sederhana abadikan pemikiran anda dengan tulisan. Bacalah dinamika kehidupan..

Kesalahan pola pikir kita adalah bila ingin melakukan suatu hal adalah
“kalau ada waktu luang”. Kalau ada waktu luang kami persilakan mampir ke rumah.. kalau ada waktu luang mari ikut ngaji”..dst..
Yang tepat sebenarnya ada upaya untuk meluangkan waktu dalam melakukan sesuatu. Saya akan meluangkan waktu untuk ngaji.. saya akan meluangkan waktu untuk menulis.. saya akan meluangkan waktu untuk membaca.

Ingat jangan terjebak dengan kenikmatan dunia seolah-olah kita tak ada waktu luang tapi kitalah yang harus meluangkan waktu. Tengok saja anak zaman sekarang akan lebih suka dengan melancong,pesta,kencan,hura-hura. Refreshing perlu namun bukan untuk kegiatan pokok. Hanya orang-orang yang tangguh yang mampu mengatur dirinya sendiri. Dunia tak kan lari kemana HARTA TAHTA DAN WANITA AKAN KITA DAPATKAN dengan sedirinya bila kualitas kita nyata. Jadilah orang pilihan maka anda akan punya power dan bisa dengan mudah menentukan. “saya bisa pilih kamu”. Bila tak mau itu urusan kamu,masih banyak pilihan lain yang lebih bisa bertanggungjawab dan mapan secara emosional,kecerdasan,dan kedewasaan”. Itulah bahasa orang yang punya power

kata-kata bijak kali ini…
“Apa yang tak mampu membunuhku, hanya akan membuatku lebih kuat”
(Nietzsche)

Semoga sukses !!! Wallahu ‘alam bissawwab..
Wassalamu’alikum wr.wb

Komentar
  1. unting mengatakan:

    Weh sanya jadi sadar pada diri saya sendiri minimal setelah membaca tulisan OM naimul ini aaya bisa intropeksi diri, selama ini yang saya kerjakan jauh dari tulisan di atas hua huaaaa……

    jadi semangat pak……

  2. arifudin mengatakan:

    Yup tetap semangat, sukses selalu…..🙂

  3. qiZzy mengatakan:

    kayakna tulisanna berawal dari pengalaman pribadi yah….^^V
    tapi aku salut bgd ama tulisan kmu….
    membangkitkan semangatQ yang akhir2 ini turun…
    betUl!!
    orang yang mau berusahalah yang akan sukses…
    kita gag boleh pesimis,percaya diri itu penting!!!

  4. det mengatakan:

    banar sekali, dengan menuliskan maka ilmu tersebut akan abadi… baik ditulis ke buku atau blog😉

  5. alief mengatakan:

    tetep semangat mengejar apa yang jadi impian,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s