Kekejaman Dunia VS Kebodohan Manusia

Posted: 13 Mei, 2008 in artikel

assalamu’alaikum wr.wb

melihat problematika masyarakat sekarang semakin ngeri membayangkannya. tapi tidak hanya melihat dan membayangkan saja yang kita lakukan untuk membuat perubahan.Yang terbaru isu merebak di benak khalayak adalah isu pemerintah menaikkan harga BBM.terhitung sudah 2 kali harga BBM naik. Hal ini sangat dipersoalakan karena memberikan dampak yang luar biasa pada masyarakat khususnya pada harga-harga barang yang lainnya..klo mau jualan khan naik sepeda motor, naik angkutan dan lainnya. kalau BMM naik otomatislah semua juga naik.yang tidak naik cuma satu “””kesejahteraan“”. BBM ibarat haji bisa naik tidak bisa turun..(emang kalo BBM harganya turun,ada tuh turun haji ..hah..ha… .)semakin pelik dan korban paling mendasar adalah rakyat kecil. Banyak orang-orang yang berada di bawah garis kesejahteraan adalah orang yang paling merasakan dampaknya hingga tak di pungkiri orang – orang kecil banyak yang hanya demi memenuhi kebutuhan dasar hidup seperti makan, temapat tinggal.

Untuk basic needs saja sulit terpenuhi apalagi kebutuhan-kebutuhan yang lainnya. Saat ini ketika Reformasi telah berjalan lebih dari dasa warsa kondisi orang miskin semakin mengenaskan orang miskin dilarang sakit, dilarang mendapatkan pendidikan yang layak, dilarang hidup tenang dan senang yang tidak dilarang cuma mati saja. Sehingga timbullah prinsip yang kuat yang mendasar bagi kaum miskin “BERANI HIDUP TAK TAKU MATI, TAKU T MATI JANGAN HIDUP, TAKUT HIDUP MATILAH SAJA” Mahasiswa sebagai kaum intelektual sekaligus “Agent of Change” (bagi yang mau merubah dunia) harus tanggap dengan hal-hal seperti ini. Harus ada upaya-upaya nyata yang membela kaum tertindas dengan segala kemampuannya. Peran mahasiswa sangat fital sebagai

  • transfer of learning
  • transfer of Value
  • transfer of principle

Ada hal beda ketika banyak mahasiswa yang aksi dan demo di jalan ketika saya buka www.detik.com IMM melakukan aksi dengan berdialog bersama Wapres JK. seperti dikutip dalam sebuah berita online Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah melakukan dialog dengan Wapres JK mengenai kenaikan BBM selain itu juga membahas tentang ahmadiyah

Di sisi lain keunikan rakyat negeri ini juga muncul dengan hebohnya SMS santet.Dunia semakin canggih, orang-orang pun semakin pintar memutar otak dengan tujuan bermacam-macam. kata orang madura wah ..”cem-macem” (maaf bukan bermaksud menyinggung SARA). Berita yang beredar SMS santet ini merebak di seantero nusantara mulai sumatra hingga jawa. terakhir saat saya menuliskan ini di www.detik.com di beritakan sudah sampai wilayah Jember. Subhanalloh ujian apa lagi yang akan di berikan negeri ini. manusia semakin laknat lupa sama yang “membuat”. Kemaksiatan semakin mudah dilakukan dan celakanya dianggap biasa. kapan hari saat saya dikirimi SMS rekan saya sewaktu SMP. Isinya intinya kurang lebih seperti ini di bawah ini (saya tidak hafal karena isinya secara penuh karena setelah menerima SMS itu langsung saya hapus)….bacalah ya rahman ya rahim ya malik ya kudus ya salam ya muahimin 100x dst..pokok e nama-nama Alloh Swt.Sebarkan SMS ini ke orang-orang agar terjaga dari nomor merah.jangan menyepelekan SMS ini bila tidak ingin terjadi celaka.wah canggih juga ya aja cara tangkal santet lewat sms pula. Sebagai insan yang religius tentunya menganalisa persoalan tidak hanya dengan satu langkah. sesuatu yang berilmu taktis menjadi hal yang mistis. dalam pemurnian keyakinan kita harus jauh-jauh dari hal yang bersifat bidah, taklid, khurafat dll. kayaknya hal ini terlalu di buat-buat. SMS Santet saja sudah merupakan hal menggelikan dan pemerintah pun berupaya keras untuk memahamkan masyarakat yang kental akan budaya mistis apa lagi dengan penangkal SMS santet. emang Alloh untuk menakut-nakuti hantu dan santet. Kalau cuma dengan alasan seperti itu maka islam akan banyak pengikutnya karena banyak orang yang takut hantu. he..he..he.. na’udubillah.ya jikalau beribadah untuk mengabdi kepada sang pencipta itu adalahhal yang harus namun jika niatan itu sudah melenceng jauh dari substansi ibadah dan apalagi mengharapkan sesuatu bukan karena DIA. waduuuhhh…jangan sampek..

Demikian semoga sedikit pendapat dan penggambaran wawasan saya secar pribadi mampu memberikan manfaat bagi yang membaca. Terima kasih dan mohon maaf atas kakhilafan. Bila terdapat kalimat yang kurang tepat di hati pembaca atau pihak manapun saya dengan segala kerendahan hati mohon maaf. Saya pun tidak bermaksud membuat sindiran,pemojokan SARA dll sebagainya.Semoga permasalahan bangsa bisa membuat warganya dan seluruh elemennya menjadi dewasa menuju masyarakat yang sejahtera amin ….

Wallahu’alam bissawwab

Wassalam ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s